KOPERASI KONSUMEN "SYARIAH  ARRAHMAH"

ATURAN PENJAMIN PADA JUAL BELI KREDIT DENGAN KOPERASI SYARIAH ARRAHMAH

PENJAMIN menjadi dasar paling penting saat hendak bermuamalah jual beli cara angsuran (kredit) dengan Koperasi Syariah Arrahmah.

Oleh karena itu sebaiknya calon nasabah memahami dulu mengenai kedudukan PENJAMIN dan bisa mengajukan seorang PENJAMIN yang akan menjamin dirinya ketika hendak melakukan aqad jual beli cara angsuran dengan KS ARRAHMAH.

Berikut penjelasannya.

Menjadi PENJAMIN di KOPERASI SYARIAH ARRAHMAH berarti memahami segala tugas dan konsekwensi PENJAMIN sebagai berikut :

  1. Mengerti dan paham bahwa tujuan didirikan KS ARRAHMAH adalah sebagai salah satu solusi menghindari riba bagi kaum muslimin dan dibangun atas prinsip syariah dan ta’awun.
  2. Mengerti dan paham bahwa KS ARRAHMAH menghimpun dana dari anggota koperasi yang harus dikelola dengan baik, jujur dan amanah.
  3. Mengerti dan paham bahwa KS ARRAHMAH merupakan badan usaha komersil yang bertujuan memperoleh keuntungan dalam rambu-rambu yang diijinkan syariah.
  4. Mengerti dan paham bahwa KS ARRAHMAH bisa untung bisa rugi, namun kerugian diusahakan agar seminimal mungkin dan dapat dipertanggungjawabkan.
  5. Mengerti dan paham bahwa PENJAMIN tidak mendapat gaji atau fee dari KS ARRAHMAH selain ketika SHU untuk PENJAMIN jika KS ARRAHMAH mendapat laba sebagaimana ketentuan yang berlaku di KS ARRAHMAH.
  6. Mengerti dan paham bahwa PENJAMIN adalah pengurus/anggota KS ARRAHMAH yang telah dianggap layak oleh Dewan Syariah, Dewan Pembina, Dewan Keuangan, dan Pengurus Inti untuk diberi amanah menjadi PENJAMIN.
  7. Mengerti dan paham bahwa menjadi PENJAMIN berarti  memiliki hak untuk merekomendasikan jamaah kaum muslimin menjadi NASABAH YANG DIJAMIN untuk bertransaksi dengan KS ARRAHMAH dengan prinsip Ta’awun / tolong menolong agar saudara yang dijamin tidak terjatuh dalam dosa riba.
  8. Mengerti dan paham bahwa sebagai PENJAMIN, niat  menjadi PENJAMIN adalah ikhlas karena ALLAH TA’ALA demi menolong agar saudara NASABAH YANG DIJAMIN selamat dan tidak terjatuh dalam dosa riba.
  9. Mengerti dan paham bahwa sebagai PENJAMIN, berarti penjamin menjamin bahwa saudara NASABAH YANG DIJAMINnya adalah saudara muslim(ah) yang sudah dikenal baik dan dekat dari sisi agama, akhlak, tempat tinggal, pekerjaan dan kesanggupannya membayar utang dengan KKS ARRAHMAH.
  10. Mengerti dan paham bahwa sebagai PENJAMIN berarti jika nasabah yang dijamin ternyata mengalami tunggakan pada KS ARRAHMAH maka PENJAMIN bersedia :
  11. Ikut menghubungi dan mengingatkan NASABAH YANG DIJAMIN agar bisa segera menyelesaikan utang piutangnya dengan KS ARRAHMAH hingga tunggakan bisa diselesaikan.
  12. Membantu KKS ARRAHMAH mencari solusi agar utang NASABAH YANG DIJAMIN bisa dibayar, semisal dengan menjual barang jaminan milik NASABAH YANG DIJAMIN dan membayarkan hasilnya sesuai utangnya kepada KS ARRAHMAH.
  13. Jika ternyata barang jaminan milik NASABAH YANG DIJAMIN (yang dikredit) tidak ada, maka PENJAMIN bersedia membantu KS ARRAHMAH mengambil harta berharga lainnya milik NASABAH YANG DIJAMIN untuk dijual guna menyelesaikan utang piutangnya dengan KS ARRAHMAH hingga tunggakan bisa diselesaikan.
  14. Jika ternyata poin 12 dan 13 tidak bisa dilakukan, maka PENJAMIN BERSEDIA MEMBAYAR UTANG NASABAH YANG DIJAMIN kepada KS ARRAHMAH.
    Dikoreksi dan klausul ini ditiadakan setelah kedatangan ustadz Erwandi ke Banjarmasin agar tidak terjatuh pada riba.

 

Dengan melihat poin-poin diatas, maka menjadi PENJAMIN bukan hal yang mudah, karena akan dimintai pertanggungjawaban dunia dan akhirat.

Setiap PENJAMIN wajib mengisi FORM BERSEDIA MENJADI PENJAMIN yang ditandatangani diatas materai.

32 thoughts on “ATURAN PENJAMIN PADA JUAL BELI KREDIT DENGAN KOPERASI SYARIAH ARRAHMAH

    1. Abu Ibrahim Post author

      Wa’alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.
      Untuk saat ini masih belum ada rencana. Kami masih fokus mengembangkan di propinsi Kalimantan Selatan mengingat ijin koperasi kami hanya sampai tingkat propinsi saja. Semoga ikhwan disana diberi kemudahan mendirikan koperasi sejenis sehingga bisa jadi solusi bagi kaum muslimin, khususnya di Kotamobagu -Sulawesi Utara.

  1. Novi Yanti

    untuk penjamin, apakah nasabah yang mencari sendiri penjaminnya atau dari koperasi sendiri ada rekomendasi dari pengurus koperasi sendiri yang memang mengerti betul bagaimana koperasi syariah

    1. Abu Ibrahim Post author

      Calon anggota harus mencari sendiri Penjamin untuknya, bisa bertanya ke koperasi tentang siapa saja penjamin yg sudah diakui oleh koperasi, mudah2an ada diantaranya yang sudah kenal atau berteman baik dengan anda, dengan demikian, ketika anda minta tolong dia menjadi penjamin anda, maka koperasi akan meberi ijin. Penjamin lainnya yang bisa dipertimbangkan adalah atasan di kantor atau di perusahaan, tentunya perusahaan yang status keberadaan dan usahanya jelas.
      Demikian jawaban kami, jika ada yang belum jelas silahkan hubungi kantor kami.
      Barakallahu fiykum.

    1. Abu Ibrahim Post author

      Mohon maaf, saat ini kami terikat UU, jadi keanggotan hanya bisa melayani wilayah provinsi Kalimantan Selatan saja, mudah2an di Sumatera bisa segera dirintis jenis usaha koperasi syariah sejenis. Aamiin.

    1. Abu Ibrahim Post author

      Saat ini kami belum ada bekerjasama dengan bank syariah atau konvensional. Modal untuk usaha maupun operasional kami murni berasal dari investasi setoran anggota yang alhamdulillah memberikan kepercayaan yang tinggi kepada kami. Jika anda ingin lebih detail mengenai pendirian koperasi, silahkan baca secara umum website ini, dan bisa menelpon langsung ke kantor kami jika ada yang dirasa kurang jelas.
      Semoga informasi ini bermanfaat dan anda dimudahkan Allah mendirikan koperasi yang sejenis dengan koperasi kami sehingga kita akan semakin kuat dalam memberantas riba dengan memberikan solusi alternatif bagi kaum muslimin yang ingin selamat dari transaksi riba.

  2. Muhammad Taufik Ansyari

    Daerah Pelaihari ada lah? Saya mau kredit alat usaha misalnya alat cetak harga 8 jtan bisa?

      1. rudy

        Mau tanya kalau domisili martapura bisa jadi anggota? Kalau blm jd anggota, tapi mau mengajukan pinjaman tapi dengan agunan BPKB motor bisa?

        1. Abu Ibrahim Post author

          Martapura bisa jadi anggota. Adapun untuk pinjaman dalam bentuk uang, maka tidak ada di koperasi kami. Koperasi Syariah Arrahmah hanya melayani jual beli barang secara cash maupun kredit. Untuk nominal diatas 5 juta, harus ada agunan jaminan, BPKB motor insya Allah bisa selama memenuhi persyaratan.

  3. Hartoyo Simbala

    Assalamualai’kum warrahmatullah …
    Sblumx ana ucapakn Taqobbalallahu minna wa minkum …

    1). Ana punya usul,meskipun blum tergambarkan,tpi hanya masukkan sja..
    Gmna jika ke depannya nnti koperasi sejenis arrahmah yg d bentuk dri cabang 2 d tiap pprovinsi mengadakan iven2 yg d situ d gabung koperasi2 yg benar2 sistemnya syari’ah?

    2). Ana minta izin mengutip cara2 / sistem mendirikan koperasi syari’ah nya yaa …? Siapa tau ada ide2 yg bisa d bangun

    Baarokallahu fiikum wa Jazakallahu khair

    1. Abu Ibrahim Post author

      Wa’alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh

      Terima kasih atas kunjungannya, Taqobbalallahu minna wa minkum

      1. Saat ini sudah mulai dirintis Koperasi Syariah yang benar2 menerapkan sistem syar’i dalam operasionalnya, yakni oleh KPMI (Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia – http://kpmi.or.id) dan juga oleh teman2 yang sudah mengaji di daerah masing-masing. Sudah didirikan juga AKSYINDO (Asosiasi Koperasi Syariah Indonesia) yang insya Allah akan menaungi koperasi-koperasi syariah yang memiliki visi dan misi yang sama dalam memerangi riba dan menerapkan usaha ekonomi yangs sesuai syariah. Diharapkan dengan cara bersatu, maka koperasi syariah kita akan lebih cepat besar daripada berjalan sendiri-sendiri.
      2. Silahkan google aja cara2nya pak atau langsung berkunjung ke kantor dinas koperasi di daerah antum, nanti akan mereka jelaskan prosedur pendiriannya. Adapun jika permasalahan teknis tentang operasional koperasi, silahkan langsung berkunjung ke kantor kami atau komunikasi lewat telpon dan email.

      Wa fiykum barakallahu.
      Wa antum jazakallahu khairan.

  4. Danil Hamdani

    Assalaamu’alaikum…
    Maaf kalau luar kalimantan mau jadi anggota dan ikut berinvestasi bisa gk yaa?
    Terimakasih atas jawabannya.

    1. Abu Ibrahim Post author

      Ijin Koperasi Syariah Arrahmah hanya pada tingkat provinsi. Untuk transaksi kredit hanya boleh dilakukan kepada anggota yang tinggal di provinsi Kalsel. Kaum muslimin yang ingin berinvestasi dari luar Kalimantan Selatan bisa ikut dalam Penyertaan Modal yang diperbolehkan secara hukum dan AD Koperasi Syariah Arrahmah. Silahkan hubungi kantor kami jika anda berminat ingin investasi di Kopsyah Arrahmah.

    1. Abu Ibrahim Post author

      Wa’alaikumsalam, silahkan jual dulu mobil anda, kemudian uang hasil penjualannya sebagai DP untuk dibelikan mobil baru melalui Koperasi Syariah Arrahmah. DP baru akan dibayarkan kepada kopsyah Arrahmah setelah kopsyah membeli/memiliki mobil yang ingin anda beli baru.

  5. Makinun

    Assalamualaikum Wr. Wb. Alhamdulillah saya bisa menemukan web KSS Arrahmah, dimana bisa saya pelajari dan duplikasi di salah satu Koperasi di kampung saya kota surabaya, yang ingin saya usulkan untuk menjadi koperasi syariah.

    Saya minta izin mengutip cara2 / sistem mendirikan koperasi syari’ah nya yaa …? Siapa tau Koperasi kami di kampung bisa menjadi Kopersi seprti KSS ini. Terima kasih

  6. Makinun

    !. Tanya lagi, apakah Dewan Syariah sampai dewan pengawas juga mendapat intensif dan brp % ?

    2. untuk pembagian SHU itu dihitung dg jumlah poin atau persentase, contoh penjamin kn dapat SHU karena menjaminkan atau perantara, nah itu berupa dapat sekian poin atau sekian persen…?

    Terim Kasih

    1. Abu Ibrahim Post author

      1. Insya Allah Dewan Syariah sampai Dewan Pengawas dapat SHU yang dibagi sesuai kesepakatan bersama jika Koperasi mendapatkan untung.
      2. Poin persentase untuk penjamin dihitung proporsional berdasarkan nominal transaksi dari transaksi keseluruhan, dikali persentase dari SHU untuk Penjamin. Jika dilihat nominal, maka tidak akan sebanding dengan resiko yang mungkin didapatkan penjamin, namun insya Allah akan tertutupi dengan balasan pahala dari Allah sesuai niat dia ingin menolong saudaranya agar tidak terjerumus pada riba.

  7. Fajar

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Saya profesi pns. Kalau mau kredit rumah, DP nya 20% ya? Kemudian untuk jaminan/agunannya, pns biasanya yg sdh pernah kerjasama dgn koperasi Arrahmah mereka pakai jaminan apa?
    Maaf saya msh awam tentang simulasi perhitungan angsuran per bulannya, kalau boleh minta tolong disimulasikan utk unit rumah seharga 150 juta misalnya. Trims.

  8. Rony Muliana

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    Kami dari sebuah toko gadget dan kami tertarik bekerjasama dengan anda.
    Dalam hal ini, bisakah kami melihat surat perjanjian kerjasama dengan koperasi Arrahmah?
    Jika ya, mohon dikirim ke email.

    Terima kasih sebelumnya.

  9. Isan

    Assalamualaikum wr wb
    Mohon penjelasan kalau ingin transaksi rumah. Kalau memang saya sanggup insyaallah akan saya follow up ke kantor di pemurus.
    Mengenai penjamin adakah penjamin yang disediakan/diperkenalkan oleh pihak koperasi?

    1. ksadmin Post author

      Wa’alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh, silahkan langsung berkunjung ke kantor koperasi untuk sharing dan diskusi dulu, semoga dmudahkan Allah dan ada solusi

  10. Jubaedah

    Assalamualaikum saya tinggal di komplek permata regency dekat sekali dgn lokasi kantor koperasi syariah arrahmah..tp saya malah tahu dr fb..saya mo tanya,klo mo kredit hp bisa tidak pak/mas..?? Trus penjaminnya itu kira2 siapa..??trus proses nya cepat atau lama.. Berapa hari tepatny..syaratnya apa saja..terima kasih atas jawaban dan perhatiannya,wassalam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *